Penelitian & Pengembangan

Kami bertujuan untuk menciptakan produk-produk inovatif yang sejalan dengan tema “alami &sehat” serta “unik & premium”dengan MONOZUKURI kami yang berpusat pada kepuasan konsumen di setiap negara dan wilayah.

Kelebihan Penelitian & Pengembangan SBF

Peralihan Global dalam Preferensi Konsumen terhadap Produk Alami dan Kesehatan

Selama beberapa dasawarsa, pertumbuhan pasar minuman dunia didorong atas permintaan konsumen akan minuman ringan berkarbonasi yang mengandung gula. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, fokus yang berkembang pada kesehatan dan peralihan ke produk kopi dan teh siap minum telah tercermin dalam peningkatan konsumsi air dan minuman ringan nonkarbonasi, yang kini mencapai sekitar 70% dari total pasar. Tren ini telah sangat terasa di Jepang, saat persentase air dan minuman ringan nonkarbonasi telah meningkat menjadi sekitar 80% dari total pasar. Tren ini bahkan lebih tinggi dari Eropa dan Amerika Utara. SBF yakin bahwa perubahan dalam permintaan minuman akan terus berlanjut, dan bahwa konsumen akan semakin mencari minuman yang lebih alami dan sehat. SBF akan menanggapi kebutuhan ini dengan mempercepat pengembangan produk yang memberikan kesehatan yang menyenangkan dengan menggabungkan pemenuhan emosional dengan cita rasa yang nikmat dan kesehatan.

Penelitian dan Pengembangan— Sumber Kehidupan Produsen

Untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, SBF harus menyediakan produk bernilai tambah tinggi bagi konsumen yang mengeksplorasi kebutuhan baru. Sejak didirikan, Suntory Group telah mengakui pentingnya penelitian dan pengembangan sebagai sumber kehidupan produsen. Filosofi ini tercermin dalam catatan pencapaian yang terkumpul selama beberapa dasawarsa aktivitas Penelitian & Pengembangan. Melalui proses pengembangan berbagai produk, dimulai dengan pembuatan minuman keras & alkohol, Suntory Group telah memperdalam pengetahuannya tentang teknologi penyulingan dan teknologi yang dibutuhkan untuk memanfaatkan mikroorganisme dan enzim. Selain teknologi ini, SBF juga menggunakan pengetahuan yang diperoleh melalui jenis Penelitian & Pengembangan lainnya, seperti eksplorasi bahan-bahan yang berhubungan dengan kesehatan baru, penelitian terhadap manfaat kesehatan, dan ilmu air. Kami menerapkan kemampuan ini untuk menciptakan cita rasa dan bahan baru berdasarkan bahan-bahan alami.

Pembuatan Nilai Global Secara Bersama

Misi kami adalah menyediakan konsumen di seluruh dunia dengan produk yang memuaskan, andal, dan aman. Sejak pendirian SBF, aktivitas MONOZUKURI, atau manufaktur kami, telah dipandu oleh nilai-nilai dan prinsip dasar MONOZUKURI yang saat ini dibagikan ke seluruh SBF Group sebagai “Gaya MONOZUKURI.” Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam laporan ini, pasar Jepang memimpin tren menuju produk yang lebih alami dan sehat. SBF telah mencerminkan tren ini dalam portofolio produknya sendiri, yang "alami dan sehat" serta "unik dan premium." Kami yakin bahwa kami dapat menggunakan kemampuan dan keahlian pengembangan teknologi kami di luar negeri serta pasar domestik.
Selain upaya berkelanjutan kami untuk memberikan nilai baru, kami juga mengeksplorasi pengalaman rasa yang sesuai dengan preferensi konsumen di berbagai pasar. Untuk memastikan bahwa aktivitas kami sangat mencerminkan kebutuhan konsumen di setiap wilayah, kami menerapkan pendekatan yang berpusat pada konsumen untuk semua aspek aktivitas pengembangan produk global kami. SBF Group secara global bertujuan untuk menyediakan konsumen di seluruh dunia dengan kesehatan yang menyenangkan melalui sinergi yang dapat diwujudkan oleh merek, teknologi, dan keahlian.

Pengembangan produk global

"Kami memperkuat rasa saling pengertian dan kepercayaan di seluruh Grup dengan pendekatan otonomi lokal, dengan tujuan meningkatkan sinergi global dalam Penelitian & Pengembangan."

Teruyoshi Morikawa

Manajer Umum Senior
Departemen Penelitian dan Pengembangan
Divisi MONOZUKURI
Suntory Beverage & Food Limited

Peran dan Fungsi Penelitian & Pengembangan dalam Divisi MONOZUKURI

Peran utama kami adalah untuk mendukung aktivitas pengembangan produk yang independen di setiap wilayah, khususnya melalui aktivitas lintas organisasi mulai dari pengembangan bakat hingga pengembangan teknologi dan dukungan teknis. Peran ini mencakup penyediaan bahan dan teknologi sebagai sumber nilai baru, dukungan teknis untuk proses pengembangan dan produksi massal, serta saran teknis tentang berbagai masalah pada tahap pengembangan produk lainnya.

Menciptakan Bisnis Minuman Ringan Global yang Unik dan Dibangun pada Otonomi Lokal

Pada bulan April 2017, Departemen Penelitian & Pengembangan dibentuk di Divisi MONOZUKURI melalui penggabungan Divisi Perencanaan Penelitian & Pengembangan, Divisi Pengembangan Produk Baru, dan Divisi Pengembangan Riset & Teknologi. Kami telah mengembangkan kerja sama di berbagai wilayah selama tiga tahun terakhir, dan bahwa peningkatan kepercayaan dan komunikasi di antara beberapa perusahaan telah dipercepat sejak tahun lalu. Ini merupakan hasil dari kemampuan kami yang terbaru untuk menawarkan solusi yang lebih komprehensif untuk setiap wilayah.
Dari perspektif pengembangan produk, kami harus memberikan dukungan yang diperlukan agar aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal, sambil mempertahankan rasa hormat terhadap kepemimpinan dan kepemilikan lokal. Kami mendasarkan aktivitas kami pada konsep otonomi lokal, karena kami menyadari pentingnya memahami pasar regional dan nasional pada tahap komersialisasi produk.

Pencapaian Terkini yang dihasilkan dari Sinergi Global

Salah satu keberhasilan baru-baru ini yang dihasilkan dari sinergi global adalah MayTea, yang diluncurkan pada Mei 2016 di Perancis, di mana isu terkait gula telah menjadi fokus kontroversi. Posisi MayTea sebagai es teh premium dengan gula rendah telah memungkinkannya untuk naik ke posisi nomor dua di pasar es teh siap minum (RTD) Perancis di tahun keduanya sejak diluncurkan. Perkembangan MayTea adalah prakarsa lokal yang mendasar, tetapi saya yakin bahwa Departemen Penelitian & Pengembangan berkontribusi dalam sejumlah cara, termasuk evaluasi dan metode ekstraksi untuk teh itu sendiri, serta penilaian manfaat produk.
Good Mood, campuran sari buah dan air murni yang diproduksi menggunakan versi resep Jepang yang dilokalkan, diluncurkan di Indonesia pada Maret 2017. Sejak tahun peluncuran produk, Good Mood telah menjadi semakin populer di pasar lokal.
Di Oseania, Frucor Suntory telah meluncurkan lini baru minuman kombucha bernama "Amplify." Produk-produk baru ini dikembangkan di Oseania dan dijual dalam skala kecil sebagai langkah awal. Karena minuman ini difermentasi menggunakan kombinasi bakteri dan ragi, termasuk bakteri asam laktat, kontrol mikroba berperan penting dalam produksi massal. Ketika Frucor Suntory melaksanakan rencana perluasan pasarnya, Departemen Penelitian & Pengembangan menyediakan keahlian dan dukungan teknis kami untuk peningkatan kontrol kualitas dan produksi massal secara berkelanjutan.

Keuntungan di Pasar Global

Janji SBF, Mizu To Ikiru, mengungkapkan komitmen bersama dari seluruh Grup SBF untuk perlindungan lingkungan alam dan penggunaan karunia alam secara optimal. Minuman kami, yang mengandalkan bahan dari alam, menawarkan berbagai manfaat. Minuman tersebut terasa nikmat dan menyegarkan, serta memuaskan dahaga. Beberapa di antaranya mampu meningkatkan konsentrasi, sementara jenis lainnya membantu orang untuk rileks.
Kami sadar bahwa konsumen sangat selektif dalam keputusan minuman mereka, dan prioritas pertama kami adalah menyediakan produk yang aman dan sehat. Kami ingin orang-orang di seluruh dunia mengetahui bahwa produk SBF itu alami, sehat, andal, dan aman, dan bahwa minuman kami akan berkontribusi terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan hidup mereka. Kepercayaan adalah aset kami yang paling berharga, dan kami tidak boleh mengkhianati kepercayaan pelanggan kepada kami. Saya yakin bahwa kepercayaan tersebut akan membantu membentuk SBF sebagai perusahaan global.

Mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen lokal

JEPANG

Suntory Tennensui

Untuk menanggapi permintaan konsumen akan produk alami dan sehat

Manajer Umum Departemen Pengembangan dan Desain
Divisi Bisnis Jepang

Norihiko Yoshimoto

Air mineral Suntory Tennensui berasal dari karunia alam, dan dikenal dapat dinikmati dengan aman dan tenang. Tujuan kami dalam mengembangkan merek Suntory Tennensui adalah memaksimalkan manfaat luar biasa dari air mineral ini dan menawarkan produk bernilai tambah tinggi kepada konsumen dengan menggabungkan bahan alami yang dipilih secara ketat guna menciptakan produk baru yang akan memberikan selera dan kepuasan emosional yang besar. Bahan alami memiliki berbagai selera dan cita rasa yang kompleks. Selera dan cita rasa tersebut diekstrak secara hati-hati agar kami dapat menciptakan produk yang sangat dapat dinikmati. Namun, kontrol terhadap konsistensi komposisi produk ini juga menjadi sangat sulit untuk dilakukan karena bahan-bahannya alami. Hal tersebut adalah aspek yang paling menantang dari pekerjaan pengembangan kami. Dalam aktivitas Penelitian & Pengembangan kami di Jepang, kami menggabungkan pengetahuan pengembangan yang terkumpul selama bertahun-tahun, dan komitmen tanpa henti kami terhadap orisinalitas dan inovasi, dengan sains dan teknologi, untuk menciptakan produk baru yang unik untuk jajaran Suntory Tennensui, seperti Asa-zumi Orange & Tennensui, Yogurina & Tennensui, PREMIUM MORNING TEA Lemon, dan PREMIUM MORNING TEA Milk.
Selain upaya kami untuk menciptakan selera dan cita rasa yang nikmat, desain formula kami juga didasarkan pada penelitian terperinci mengenai mekanisme tubuh manusia. Tujuan kami adalah untuk memahami alasan manusia menyukai selera dan cita rasa tertentu dan alasan mereka ingin minum minuman dengan karakteristik tersebut. Saya yakin bahwa apa yang telah kami pelajari dari pekerjaan Penelitian & Pengembangan kami di bidang-bidang ini akan dibagikan kepada Penelitian & Pengembangan di seluruh SBF Group. Setiap tahun, staf Penelitian & Pengembangan di Jepang menyerap pengetahuan baru dengan menggali tren konsumen di negara lain. Kami berbagi pengetahuan tersebut dengan rekan-rekan kami di perusahaan-perusahaan SBF Group di luar negeri.
Kami akan terus menanggapi permintaan konsumen di seluruh dunia untuk produk alami dan sehat dengan menciptakan minuman baru untuk dinikmati oleh masyarakat.

EROPA

MayTea

Rasa yang menyegarkan dan alami tanpa perasa buatan

Direktur
Penelitian dan Pengembangan
Urusan Regulasi dan Industrialisasi (Penelitian & Pengembangan) Orangina Suntory France

Catherine Hubert

Konsep SBF Eropa tentang MayTea bukan hanya merupakan tanggapan terhadap kecenderungan menurunnya penjualan minuman manis, tetapi juga merupakan upaya untuk menyediakan apa yang pelanggan cari dan tidak dapat temukan di pasar. Infus MayTea adalah otentik, menyegarkan dan alami, dengan daftar bahan ringkas dan tanpa perasa buatan, pewarna, atau pengawet, serta sangat rendah gula.
Penelitian & Pengembangan SBF Jepang membantu tim lokal selama proses pengembangan, terutama di bidang teknologi infus teh, dengan menawarkan saran pada poin-poin penting seperti kualitas air. Selain penyesuaian cita rasa dengan selera konsumen Perancis, tim Penelitian & Pengembangan menangani masalah kekeruhan produk, karena partikel dari infus akan mengendap di bagian bawah botol. Menyelesaikan masalah tersebut adalah salah satu tantangan terbesar yang berhasil diatasi.
Meski Penelitian & Pengembangan SBF Eropa menerima dorongan produktif dari kerja samanya dengan Penelitian & Pengembangan Jepang, produk ini tetap berorientasi pada konsumen lokal. Pada dasarnya, SBF memberikan kebebasan kepada perusahaan lokal tentang bagaimana mereka menggunakan platform teknologi yang telah dikembangkan. Misalnya, salah satu dari dua cita rasa pertama yang dikembangkan tim lokal adalah teh hijau dan infus mint. Produk ini dibuat khusus untuk menawarkan cita rasa yang menarik bagi sejumlah besar pelanggan Perancis yang akrab dengan budaya teh Maroko dan Afrika Utara.
Hasil penjualan MayTea tampaknya menjadi bukti kuat untuk efektivitas gaya manajemen tersebut. Dalam waktu dua tahun, MayTea menjadi produk terlaris kedua di pasar es teh botolan di Perancis, menciptakan kategori baru teh infus, dan angka penjualannya naik tiga kali lipat dalam tiga tahun. Setelah debutnya di Perancis, merek ini mulai dijual di Belgia dan Spanyol, dengan rencana untuk memperluas di negara-negara Eropa lainnya di masa mendatang.

ASIA

Good Mood

Untuk menawarkan sesuatu yang baru bagi mereka yang ingin memuaskan dahaganya

Wakil Presiden
Penelitian dan Pengembangan
Suntory Garuda Group

Yasuhiro Yamanishi

Manajer Senior
Penelitian dan Pengembangan
Suntory Garuda Group

Niken Sulastri

Dengan suhu yang sepanjang tahun berada di level tropis , tidak mengherankan bila 50% pasar minuman Indonesia diduduki oleh minuman dalam botol. Untuk menawarkan sesuatu yang baru bagi mereka yang ingin memuaskan dahaganya, Suntory Garuda mengembangkan Good Mood, air bening dengan infus sari buah. Dengan dirilisnya produk pada musim semi 2017, perusahaan ini menjadi pelopor dalam kategori infused water buah di Indonesia.
Diawali dengan teknologi inti yang sama seperti tim Penelitian & Pengembangan SBF Jepang, tetapi mengadaptasi dan menciptakan kembali resep agar sesuai dengan pasar baru dan selera lokal Indonesia menjadi peluang untuk pengembangan produk yang unik. Konsumen Indonesia memberi tanggapan positif terhadap konsep infused water, yang terlihat sehat dan memiliki rasa alami yang menarik.
Kami berkonsultasi dengan departemen Penelitian & Pengembangan SBF Jepang tentang tantangan seperti menciptakan rasa buah alami, sambil belajar tentang manfaat tekanan osmotik untuk hidrasi. Tim Penelitian & Pengembangan menghadapi beberapa tantangan tetapi berhasil menangkap tingkat rasa manis dan asam sitrus yang tepat yang disukai konsumen Indonesia. Resep tersebut juga harus disesuaikan agar sesuai dengan standar Halal di pasar. Suntory Garuda meluncurkan dua rasa: madu lemon dan jeruk. Karena konsumen Indonesia menyukai jeruk manis, kami menambahkan madu ke dalam jeruk nipis, dan memilih profil rasa jeruk yang manis.
Setelah dirilis pada 2017, rangkaian produk Good Mood mendapatkan dua tambahan rasa pada musim semi 2018. Meskipun ukuran pasar minuman Indonesia masih kecil, SBF melihatnya sebagai area pertumbuhan di masa mendatang. Tim Penelitian & Pengembangan kami sudah mempertimbangkan cara lain yang bisa mereka manfaatkan dari pengetahuan air dan hidrasi SBF untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan menarik bagi konsumennya.

OSEANIA

Amplify

Untuk menjelajahi area produk yang benar-benar baru, kombucha

Technical Manager Australia
Frucor Suntory (Australia) Pty Ltd

Ben Walkley

Setelah melihat penurunan yang konsisten terhadap penjualan minuman jus karena banyak konsumen mengurangi asupan gula mereka, Frucor Suntory memutuskan untuk menjelajahi area produk yang benar-benar baru: kombucha. Minuman teh bersoda, terfermentasi, dan nonalkohol adalah salah satu alternatif minuman manis baru-baru ini. Berbagai manfaat kesehatan potensial Kombucha dan kepercayaan terhadap bahan alami juga membuatnya cocok untuk portofolio SBF Group.
Ketika Frucor Suntory mencari pengembangan kombucha, sudah ada penjual bir lokal yang menjual versi mereka sendiri. Skala kecil dari produsen bir ini, bagaimanapun, membawa fluktuasi dalam cita rasa dan kualitas minuman. Frucor Suntory ingin menciptakan produk yang dapat memberikan kualitas yang konsisten dan rasa yang tidak terlalu asam bagi konsumen.
Selama proses pengembangan, Tim Penelitian & Pengembangan Frucor Suntory terus-menerus bereksplorasi dengan resep guna mendapatkan cita rasa sesuai dengan yang mereka inginkan. Kombucha membutuhkan fermentasi selama beberapa hari, yang sangat berbeda dengan produk lain yang diproduksi oleh perusahaan. Saat ini, tim Penelitian & Pengembangan tertarik untuk memperdalam pemahaman mereka tentang SCOBY, budaya simbiosis bakteri dan ragi, yang menciptakan rasa khas kombucha. Frucor Suntory akan meminta bantuan teknis dari Penelitian & Pengembangan SBF Jepang untuk analisis ilmiah yang diperlukan.
Kombucha, di bawah nama merek Amplify, tentu saja merupakan salah satu produk yang inovatif yang telah dirilis oleh perusahaan SBF Group dalam beberapa tahun terakhir. Tiga rasa Amplify mulai dijual di Australia pada Januari 2018, dan di Selandia Baru pada April 2018. Meski terlalu dini untuk menyebut produk ini akan menjadi awal dari segmen baru yang kuat atau tidak, tampaknya ada gelombang minat yang besar. Dengan berhasil mengusung Amplify ke pasar, departemen Penelitian & Pengembangan Frucor Suntory juga memperoleh wawasan yang dibutuhkan untuk membantu tim Penelitian & Pengembangan SBF Group lainnya yang mungkin tertarik untuk memproduksi kombucha di masa mendatang.

HALAMAN
ATAS